Senin, 30 Juni 2008

Lomba Penulisan dan Foto Best Practice Upaya Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim

Start:     Jun 30, '08
End:     Jul 15, '08
Bencana alam telah lekat dengan kehidupan kita. Dampaknya juga telah kita rasakan. Ini merupakan kenyataan bahwa bencana memang selalu ada. Kalaupun kedatangannya tidak bisa dihindari, minimal kita dapat mengurangi dampaknya dengan melakukan kegiatan atau program pengurangan risiko bencana. Dengan mengurangi risiko bencana, diharapkan minimal kita bisa menolong diri sendiri, orang lain dan lingkungan kita. Kegiatan atau program pengurangan risiko ini juga harus bermanfaat bagi masyarakat umum bila terjadi bencana.

Kegiatan atau program pengurangan risiko bencana merupakan konsep yang paling sesuai untuk PMI lakukan untuk membantu masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana. Mereka merupakan masyarakat yang paling berisiko karena kurangnya kesadaran serta kapasitas mereka menghadapi dampak bencana.

Dalam menggali potensi dalam menggagas kegiatan atau program pengurangan risiko bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan “Lomba Penulisan dan Foto Best Practice Upaya Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim PMI”.

Tema lomba ini adalah “Mari Lakukan Adaptasi Perubahan Iklim”, dengan subtema ; (1) Hidup Bersama Bencana, (2) Hidup Aman dan Sehat dengan Peduli Lingkungan. Peserta lomba adalah Pengurus, Relawan dan Staf PMI Cabang dengan 2 (dua) kategori lomba yaitu: (1) PMI Cabang di wilayah program dengan mengambil sub tema “Hidup Aman dan Sehat dengan Peduli Lingkungan” , (2) PMI Cabang di wilayah non program dengan mengambil sub tema “Hidup Bersama Bencana”.

Persyaratan untuk naskah: (1) Naskah adalah karya asli peserta lomba yang terkait dengan kegiatan atau program yang dilakukan PMI Cabang, (2) Naskah ditulis dalam bentuk Feature, (3) Naskah ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik 1 halaman, menggunakan kertas folio berukuran A4, spasi 1, font Trebuchet MS ukuran 10 dan margin 2,5 cm (atas), 2,5 cm (kiri), 2 cm (kanan), dan 2 cm (bawah), (4) Format naskah dikirim dalam bentuk Pdf dan MS. Word (doc), (5) Penilaian naskah berdasarkan pada kesesuaian judul dengan tema, kreativitas, dan bobot/isi.

Persyaratan untuk foto: (1) Foto adalah karya asli peserta yang terkait dengan kegiatan atau program yang dilakukan PMI Cabang, (2) Foto harus berwarna dan dicetak dengan ukuran 10R serta dikirimkan dalam file digital format jpg (dengan ukuran 1.200 pixel, ((3) Foto tidak diperkenankan untuk diolah atau dimanipulasi oleh software pengolah foto, kecuali untuk mengubah ukuran pixel dan croping, (4) Peserta dapat mengirimkan 1-5 foto per naskah, (5) Foto dikirimkan dengan mencantumkan teks foto (caption) atau keterangan foto pada satu lembar kertas, (6) Penilaian foto berdasarkan pada kesesuaian dengan tema, teknik pengambilan gambar, dan kualitas foto.

Peraturan umum, penilaian dan Hadiah: (1) Semua naskah dan foto yang telah dicetak beserta dengan file naskah dan foto yang terseimpan dalam dalam cd dikirimkan melalui Pos ke PMI Pusat dengan ditujukan kepada Divisi Komunikasi dengan batas waktu pengiriman tanggal 15 Juli 2008, (2) Cantumkan nama peserta, alamat, kota, kode pos, dan telepon pada satu lembar kertas, (3) Dewan juri yang terdiri dari unsur PMI Pusat, IFRC, dan Perhimpunan Nasional Negara Sahabat akan menentukan 3 (tiga) terbaik untuk kategori daerah program dan 3 (tiga) terbaik untuk daerah non program. (4) Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, (5) Pemenang diumumkan di kegiatan Temu Karya Relawan PMI pada Oktober 2008, (6) Karya terbaik akan mendapatkan hadiah berupa kamera digital serta hadiah menarik lainnya, (7) Naskah dan foto yang masuk menjadi milik PMI.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin M. Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2324, ext. 202 atau Aswi Reksaningtyas, Kepala Divisi Komunikasi Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2325, ext. 221. Teguh Wibowo, Staf PB Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2324, ext. 202 Kontak Media: Aulia Arriani, Hp. 0816 795 379.



=====================================
Dicopas dari http://bhairawaputera.multiply.com/reviews/item/38

2 komentar: