Kamis, 24 Maret 2011

Semua Bergerak untuk Sastra Indonesia

Start:     Mar 25, '11
End:     Apr 24, '11

Kalau pernah membaca esai Seno Gumira Ajidarma yang berjudul "Kehidupan Sastra dalam Pikiran", tentu kita akan disambut dengan satu kata pengantar yang mengena sekali.


"Ketika Jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara. Karena bila Jurnalisme bicara dengan fakta, sastra bicara dengan kebenaran."


Akhir-akhir ini, kita sering mendengar pemboman dengan buku yang secara tidak langsung melecehkan Sastra Indonesia. Kemudian kabar yang lebih tidak mengenakan lagi adalah Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin terancam ditutup karena kekurangan biaya. Belum lagi adanya pembakaran buku, pelarangan yang diam-diam masih terjadi, pembajakan yang marak, dan juga ada kabar yang lain yang mengancam Sastra Indonesia semakin lenyap.


Berangkat dari sana, bekerjasama dengan www.nulisbuku.com, proyek ini didedikasikan penuh untuk menyelamatkan Sastra Indonesia. Melalui proyek ini, kamu bebas mengungkapkan apa saja mulai dari cerpen, puisi, prosa, dan esai tentang simpati dan empati kamu untuk Sastra Indonesia.



Semua Bergerak untuk Sastra Indonesia



Karena kami sadar yang peduli bukan hanya kaum penyair, sastrawan, dan penulis dengan keberadaan Sastra Indonesia ini, pembaca sastra pun pasti peduli dan prihatin dengan keadaan ini. untuk itu semua orang bebas mengungkapkan apa pun. Didasari dengan cinta kepada Sastra Indonesia, kami berangkat untuk bergerak memulai semua ini dari tulisan yang akan diterbitkan oleh www.nulisbuku.com


Sastra Indonesia juga menjadi bagian dari seni Indonesia. Nah, kamu, tidak peduli yang muda dan yang tua, mari bergerak! Kami mengundang kamu untuk ambil bagian di dalam "Semua Bergerak untuk Sastra Indonesia".


 


Bagaimana caranya? Silakan baca di sini.


Dengan berkontribusi dalam proyek ini, kamu sudah menjadi bagian di dalam Solidaritas untuk PDS H.B. Jassin karena seluruh royalti penulis dari hasil penjualanan buku ini akan diberikan kepada Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin. Selain itu, kamu juga masuk ke dalam bagian Sastra Indonesia.



 


Kalau ada pertanyaan, silakan kunjungi di sini.


 


Selamat menulis! Satu naskahmu yang masuk, kamu sudah menjadi satu bagian di dalam Sastra Indonesia.


======================================================================================




Bagaimana bergabung di dalam proyek ini?


1.       Tentukan apa yang ingin kamu tulis. Boleh puisi, cerpen, prosa, dan esai. Tema yang diangkat adalah "Semua Bergerak untuk Sastra Indonesia".



2.       Download template dari nulisbuku.com di sini dan mulailah menulis. Times New Roman 12pts, spasi 1. Batas yang ditentukan adalah:



a.       Puisi: maksimal 4 halaman template.


b.      Cerpen: maksimal 8 halaman template.


c.       Prosa: maksimal 5 halaman template.



d.      Esai: maksimal 8 halaman template.


Kalau kamu tidak bisa mendownload-nya, sila kirim email ke untuk.sastra.indonesia@gmail.com dan akan kami kirimkan untuk kamu.



3.       Kirim karya kamu ke untuk.sastra.indonesia@gmail.com paling lambat hari Minggu, 24 April 2011, pukul 23.59. Subjeknya: [jenis yang kamu kirim]-judul naskahmu-nama kamu. Contoh: "[Puisi]-Demi Sastra, Demi Indonesia-Rita Lestari". Semua naskah harus di-attachment. Sertakan juga nama kamu, e-mail, blog dan akun Twitter dan Facebook-mu.



4.       Ajak teman-temanmu yang peduli dengan Sastra Indonesia untuk berpartisipasi dalam proyek ini!


5.       Naskah yang masuk akan di-update perminggunya di blog ini. Oh ya, kalau kamu juga ingin membuatkan desain kaver, silakan kontak kami di untuk.sastra.indonesia@gmail.com dengan subjek "Cover". Kami akan membalas suratmu secepatnya!



6.       Semua naskah yang masuk akan dibukukan dan tentunya juga akan diedit dahulu.


7.       Tidak ada batasan untuk mengirimkan naskah di dalam proyek ini. Semakin banyak, semakin jelas kalau kamu terlibat di dalamnya!



Nah, tunggu apa lagi! Buka Word-mu, menulislah! Senantiasa kami tunggu tulisanmu!

=====================================================================================




Kalau ada hal yang kurang jelas, kamu bisa menghubungi:


Twitter: @bergeraksastra


E-mail: untuk.sastra.indonesia@gmail.com dengan subjek "Tanya"

12 komentar:

  1. terimakasih informasinya
    saya share di FB yah...

    BalasHapus
  2. Silakan, Mbak.
    Dengan senang hati :-)

    BalasHapus
  3. Boro-boro mikirin sastra Av.
    Bahasa Indonesia aku aja masih blepotan!

    BalasHapus
  4. Hahaha... Saya juga hanya belajar, Om :-)

    BalasHapus
  5. karya pertama ditolak, tetap semangat! karya kedua, ketiga dan mungkin keempat akan menembakmuuuu hi hi hi

    BalasHapus
  6. *ngakak*
    Temanya apa, yang dikirim apa. ;-))

    Eh, bisa on di YM?

    BalasHapus
  7. Ve beliau ini bu guru, kok di panggil mas? hehehe


    SABUDI (sastra budaya indonesia)
    mari kita jaga bersama!

    BalasHapus