Minggu, 12 Desember 2010

Berapa Buku yang Anda Baca Tahun 2010?


Sudah berapa buku yang saya baca tahun ini? Ini sebuah pertanyaan yang membuat saya sendiri bingung. Tiba-tiba pertanyaan itu hadir sendiri tanpa saya memintanya. Ya, sudah berapa buku yang saya baca tahun ini. Memang saya bukan orang yang rajin untuk membuat daftar berapa banyak buku yang saya baca setiap bulannya. Yang jelas memang setiap bulan saya pasti menghabiskan buku, entah berapa banyaknya buku itu.

Nah, sambil menjawab pertanyaan itu, saya akan membuat daftar buku-buku yang pernah saya baca tahun ini. Ini masih yang benar-benar saya punya dan yang memang benar saya baca, terlepas dari yang saya pinjam atau saya lupa buku yang pernah saya baca tersebut saya berikan kepada orang lain. (List tidak menunjukkan peringkat)

 

1.       Sejuta Hati untuk Gus Dur, Damien Demantra, Gramedia Pustaka Utama

2.       Perahu Kertas, Dewi “Dee” Lestari, Bentang Pustaka

3.       Epitaph, Daniel Mahendra, Kakilangit Kencana

4.       Memory And Destiny, Yunisa KD, Gramedia Pustaka Utama

5.       100+ Fakta Unik Piala Dunia, Asep Ginanjar dan Agung Harsya, Serambi

6.       Marmut Merah Jambu, Raditya Dika, Bukune

7.       Larasati, Pramoedya Ananta Toer, Lentera Dipantara

8.       Kevin: Belenggu Masa Lalu, Torey Hayden, Qanita

9.       Cinta Mati, Armaya Junior, GagasMedia

10.   Hummingbird, Lavyrle Spencer, GagasMedia

11.   Mendua, Indah Hanaco, GagasMedia

12.   Kisah Langit Merah, Bubin Lantang, GagasMedia

13.   The Edge of Impropriety, Pam Rosenthal, GagasMedia

14.   Cecilia dan Malaikat Ariel, Jostein Gaarder, Mizan

15.   Cinta itu Kamu, Moammar Emka, GagasMedia

16.   Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas, Andrea Hirata, Bentang Pustaka

17.   The Winner Stands Alone, Paulo Coelho, Gramedia Pustaka Utama

18.   The Naked Traveler 2, Trinity, B First

19.   Gege Mengejar Cinta, Adhitya Mulya, GagasMedia

20.   Pillow Talk, Christian Simamora, GagasMedia

21.   Here, After, Mahir Pradana, GagasMedia

22.   Leaving Microsoft To Change The World, John Wood, Bentang Pustaka

23.   Refrain, Winna Efendi, GagasMedia

24.   Negeri 5 Menara, A. Fuadi, Gramedia Pustaka Utama

25.   Soe Hok-gie... Sekali Lagi, Rudy Badil, Luki Sutrisno Bekti, Nessy Luntungan R., Kepustakaan Populer Gramedia

26.   Satin Merah, Brahmanto Anindito dan Rie Yanti, GagasMedia

27.   Bintang Anak Tuhan, Kirana Kejora, Hifest Publishing

28.   The Pilot’s Woman, Dahlian, GagasMedia

29.   Cruise On You, Margareta Astaman, Atria

30.   How to Simplify Your Love, Marion Kustenmacher & Werner Tiki Kustenmacher, GagasMedia

31.   The Wednesday Letters, Jason F. Wright, GagasMedia

32.   42 Trik Manipulasi Foto di Internet, Ali Zaenal, Mediakita

33.   Petals From The Sky, Mingmei Yip, GagasMedia

34.   Forgiven, Morra Quatro, GagasMedia

35.   Around The World in 80 Dinners, Cheryl & Bill Jamison, GagasMedia

36.   Bad Kitty, Michelle Jaffe, GagasMedia

37.   Jawablah Aku, Susanna Tamaro, Gramedia Pustaka Utama

38.   East Wind West Wind, Pearl S. Buck, Gramedia Pustaka Utama

39.   Iluminasi, Lisa Febriyanti, Kakilangit Kencana

40.   The Man Who Loved Books So Much, Allison Hoover Bartlett, Alvabet

41.   Mr. Darcy, Vampyre, Amanda Grange, GagasMedia

42.   You Belong To Me, Johanna Lindsey, GagasMedia

 

Untuk buku terbaik tahun ini versi saya jatuh kepada “Negeri 5 Menara

Untuk buku dengan gaya bahasa terbaik versi saya jatuh kepada “Kisah Langit Merah

Untuk desain cover terbaik versi saya jatuh kepada “The Wednesday Letters

Untuk buku yang pailing tebal yang saya baca tahun ini tentu saja “Soe Hok-gie... Sekali Lagi

Untuk penulis dengan ide kreatif terbaik versi saya jatuh kepada “Satin Merah

Untuk penulis dengan tema menarik versi saya jatuh kepada “Epitaph

Untuk penulis terbaik versi saya pastilah “Pramoedya Ananta Toer

 

Oh ya, tahun ini juga saya mendapatkan beberapa kiriman buku dan beberapa juga yang tidak sempat saya baca. Hehehe...

Ada dari Ali Zaenal alias Kang Jenk Planet yang (akhirnya) menerbitkan bukunya yang terbaru, “42 Trik Manipulasi Foto di Internet”. Ada hadiah World Book Day dari GagasMedia yaitu “The Wednesday Letters”, “Refrain”, dan “You Belong To Me”. 



Saat berkunjung ke World Book Day di Museum Bank Mandiri juga saya mendapatkan dua buku tetapi saya lupa judulnya. Ada hadiah (iseng-iseng) dari Kick Andy yaitu “Berdamai dengan Kematian”.




Dan karib maya (dan nyata) saya, Tante Rike Jokanan itu, memberikan saya tiga buku sekaligus yaitu “Larasati”, “East Wind West Wind”, dan “Cecilia dan Malaikat Ariel”. Saat bertemu dengannya di Festival Pembaca Indonesia, lagi-lagi buku diberikannya kepada saya, “The Man Who Loved Books So Much”. Ada lagi dari teman Goodreads Indonesia, Om Momo yang memberikan saya “City of Ember”.





Nah, begitulah untuk menjawab pertanyaan saya tadi. Kalau Anda, berapa buku yang sudah Anda baca tahun ini?



Jakarta, 13 Desember 2010 | 1.03
A.A. – Perayap Buku

28 komentar:

  1. gile banyak banget
    saya ga mau jawab ah, malu :">

    BalasHapus
  2. Hahaha... ini sih masih belum seberapa, Mas. Kalau ditengok ke teman-teman GoodReads Indonesia, saya masih cupu :p

    BalasHapus
  3. 42 buku ya mbak ? kalau rata-rata sebulan saya baca 5 buku, berarti setahun ini saya baca 60 buku..:) sayangnya ngelist bukunya baru dimulai bulan juni kemaren. sebelumnya gak tau baca buku apa aja...

    wah tapi buku2nya berat dan tebal ya mbak ? :)

    BalasHapus
  4. Berapa ya... sekitar 30-an. Boleh nggak aku bikin list seperti ini juga, Ave?
    Ijin kembaran yaaaa... *awas kalo nggak boleh, ngambekkk*

    BalasHapus
  5. Yang jelas sampai saat ini saya belum membaca Sam Po Kong-nya Remy Sylado yang tebalnya sampai 1128 halaman itu. Hahaha...

    Hebat, Mbak Dian! Ayo dibuat list-nya :-)

    BalasHapus
  6. Boleeeeeeeeeeeh... *kasih daaaaah*
    =))

    BalasHapus
  7. wooooooooooooooooooooooow *tepok tangan*
    terhitung sampe tanggal 30 November 2010 kemaren, saya sudah menyelesaikan 53 judul, ada yang minjem dan beberapa ngulang buku lama (soalnya bokek ndak bisa beli buku baru) :D

    BalasHapus
  8. Hahaha... Untungnya teman-teman saya baik. Kapan saya butuh buku, saya tinggal pinjam atau mungut dari lemari buku mereka. Hahaha...

    BalasHapus
  9. huhuhuhuh enaknya
    teman baca saya ada di Malang, sedangkan posisi saya saat ini di Jakarta T_T

    untung di Jakarta banyak Book FAir hehehhehehe...
    MARI MEMBACA!! :D

    BalasHapus
  10. Hahaha... Itu sasaran saya. Jakarta Book Fair. Penerbit berani membanting harga atau ketika Gramedia mengadakan soft-opening, pasti ada saya di depan kasir hahahahahahhaa.... =))

    BalasHapus
  11. wahhh.. jadi pengen ngelist juga.. hihihi

    BalasHapus
  12. awas, kutunggu kau di sana! hahaha...
    *nyiapin bolpen buat minta tanda tangan*

    BalasHapus
  13. wah banyak juga, saya ndak sebanyak itu

    BalasHapus
  14. sy sih konstan, hehehehehe ndak lebih dari 15 buku setahun, pokoknya 1 bulan 1 buku

    BalasHapus
  15. Hahaha... Yang penting baca toh, Bung :D

    BalasHapus
  16. ampun mbakkk.. itu buku apa bantal ? hehehe

    saya masih buku2 dibawah 400 halaman saja mbak.. malah banyak juga buku anak2..:)) gak diitung buku ya itu..hehehe

    BalasHapus
  17. waduh, aku malah blm membaca satu bikipum di tahun ini

    BalasHapus
  18. hmmm.. nggak ingat persis.. tapi sekitar 20 buku.. mostly text books ..maklum, utk bikin thesis lantas persiapan sidang..hehehe.. Alhamdulillah udah lulus + wisuda Oktober kemarin di Bandung :-)

    BalasHapus
  19. hmm berteman dengan kematian.. karyanya sinta ya?


    SABUDI (sastra budaya indonesia)
    mari kita jaga bersama!

    BalasHapus
  20. Congrats... Gelar master dong sekarang? :-)

    BalasHapus
  21. Eh, kok berteman ya? Berdialog, Mas. Karya Komarudin Hidayat :-)

    BalasHapus
  22. Sampai awal November kemarin, tepat 52 buku sesuai resolusi akhir tahun lalu. Dua bulan sisanya cuma baca cerita-cerita pendek....
    Kepala sudah ngebul...

    Nice touch dengan unggulan-unggulan versi Ave itu... nggak cuma list :)

    BalasHapus
  23. Cuma sempat beli, belum dibaca semua..keranjingan browsing jadi malas baca... Eh pas laptop eror sempat sebulan baca 2 buku, begitu laptop sembuh
    keranjingan lagi...neh laptop lagi kumat lagi jadi mau ga mau baca buku lagi..he..he..

    BalasHapus