Minggu, 11 Desember 2011

Berapa Buku yang Anda Baca di Tahun 2011?

Berapa buku yang telah Anda baca tahun ini? Seperti tahun kemarin, saya membuat daftar bacaan yang telah saya habiskan untuk tahun ini. Mungkin saja bertambah karena Desember masih memiliki19 hari lagi. Mana tahu sebuah keajaiban saya bisa menambah 19 buku lagi sampai di akhir tahun ini.

Lagi-lagi kendala saya adalah waktu di mana deadline yang tak henti-hentinya menerpa sehingga beberapa buku sempat tertunda atau tidak memiliki catatan tukang baca. Nah, berikut daftar bacaan saya untuk tahun ini. Kalau ada yang pernah membaca buku serupa dengan saya, mari kita berbagi.


Angka tidak menunjukkan peringkat.

1. Balada Ching-ching, Maggie Tiojakin
2. Leaving Microsoft to Change The World, John Wood
3. The Goddess of The Hunt, Tessa Dare
4. Selepas Bapakku Hilang, Fitri Nganti Wani
5. The Lover's Book, Kate Gribble
6. Surrender of A Siren, Tessa Dare
7. The Magicians, Lev Grossman
8. The Man Who Loved Book So Much, Allison Hoover Bartlett
9. Coming Home, Sefryana Khairil Badariah
10. Ayat-ayat Api, Sapardi Djoko Damono
11. Surat Kecil untuk Tuhan, Agnes Davonar
12. A Lady of Persuasion, Tessa Dare
13. Mati, Bertahun yang Lalu, Soe Tjen Marching
14. Selamat Datang di Pengadilan, Daniel Mahendra
15. (Cerita-cerita) dari Luar Jendela, Maestaccato
16. Eclair, Prisca Primasari
17. The Journeys, Adithya Mulya, dkk
18. Oksimoron, Isman H. Suryaman
19. Dan Saya Telah Menyelesaikan Pertandingan Ini, Ronny Pattinasarani
20. Matahari yang Mengalir, Dorothea Rosa Herliany
21. Perempuan, Langit ke Timur, Olin Monteiro
22. Tuesday with Morrie, Mitch Albom
23. The Pilgrimage, Paulo Coelho
24. Larasati, Pramoedya Ananta Toer
25. Tales From The Road, Matatita
26. Snow Country: Daerah Salju, Yasunari Kawabata
27. Karena Kita Tidak Kenal, Farida Susanty
28. Cecilia dan Malaikat Ariel, Joestin Gaarder
29. Stanza dan Blues, W.S. Rendra
30. Abad yang Berlari, Afrizal Malna
31. The Naked Traveler 3, Trinity
32. Gelang Giok Naga, Leny Helena
33. Di Mana Ada Cinta, Di Sana Tuhan Ada, Leo Tolstoy
34. Sebelas Patriot, Andrea Hirata
35. Iluminasi, Lisa Febriyanti
36. Perahu Kertas, Dee [baca ulang]
37. Madre, Dee
38. Konde Penyair Han, Hanna Fransisca
39. Kedai 1001 Mimpi, Valiant Budi
40. Love, Aubrey, Suzanne LaFleur
41. That Camden Summer, LaVyrle Spencer
42. Presiden Prawiranegara, Akmal Nasery Basral
43. Kereta Tidur, Avianti Armand
44. Meraba Indonesia, Ahmad Yunus
45. Letters To Sam, Daniel Gotlieb
46. Life Traveler, Windy Ariestanty
47. Nasional.Is.Me, Pandji
48. Poconggg Juga Pocong, @poconggg
49. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, Joestin Gaarder
50. Asas-asas Manajemen, Ulber Silalahi
51. Once Upon a Love, Aditia Yudis
52. Jump, Moemoe Rizal
53. Dasar-dasar Ilmu Politik, Miriam Budiardjo
54. Principles of Economic, N. Georgy Mankiw
55. Pengantar Logika, B. Arief Sidharta
56. The Windflower, Sharon dan Tom Curtis
57. Never Let Me Go, Kazuo Ishiguro



Untuk tahun ini, buku terbaik veri saya jatuh kepada Never Let Me Go dari Kazuo Ishiguro.



Untuk buku dengan gaya bahasa penceritaan menarik jatuh kepada Kedai 1001 Mimpi dari Valiant Budi.


Untuk desain sampul terbaik versi saya jatuh kepada The Journeys dari Adithya Mulya, dkk.



Untuk buku yang paling tebal yang saya baca tahun ini adalah Principles of Economic dari N. Georgy Mankiw.



Untuk penulis dengan ide paling kreatif  versi saya jatuh kepada Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken dari Joestin Gaarder.



Untuk penulis dengan tema paling menarik versi saya jatuh kepada Never Let Me Go dari Kazuo Ishiguro.



Untuk penulis terbaik tahun ini versi saya jatuh kepada Akmal Nasery Basral.



Nah, begitulah daftar bacaan saya sepanjang tahun ini. Bagaimana dengan Anda?



Bandung, 12 Desember 2011 | 07.02
A.A. - dalam sebuah inisial

33 komentar:

  1. Wah, banyaaak~

    Hehe.. Never let me go kek lagunya the fray. Cari, aah..

    BalasHapus
  2. Kalau di buku sih memang lagu, tapi sampai sekarang saya belum dapat lagunya. :(

    BalasHapus
  3. saya ada berapa yah...?
    jurnal semua yang saya baca beratus-ratus lembar.. kalo buku... kurang dari 10 tapi.. belum paham-paham isinya... microbiology akh... biikin puyeng

    BalasHapus
  4. Semestinya lebih banyak dari yang saya baca. :-)

    BalasHapus
  5. waduh saya tahun ini kebanyakan baca komik-komik marvel, DC, dan komik indonesia :/

    BalasHapus
  6. Hahaha... Setidaknya disertasi-nya siap dan tinggal disidang. #eh

    BalasHapus
  7. ihiiyy.. tapi bacaan sampeyan banyak bener ya. salut

    BalasHapus
  8. Membaca bagi saya setara dengan bernapas: hukum wajib.

    BalasHapus
  9. salut! saya tahun ini paling buku (novel n kumcer) kalo ditotal baru dua puluhan. tapi tahun ini paling suka sama PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN. Ceritanya riang dan asyik :)

    BalasHapus
  10. 1. Harlequin seri Nocturne (Penguasa api, Pengendali badai, Pelindung Sactuary)
    2. Harlequin seri Nocturne (Haunted, persecuted, damned)
    3. Mengawini Ibu by Khrisna Pabichara
    4. Ascolta La Mia Volce by Sussana Tamaro
    5. a Tale dark and Grim by Adam Gitwitz
    6. Sebelas Patriot by Andrea Hirata
    7. Un home et Une Femme by Stanley Dirgapradja
    8. Love Poems by Sapardi Djoko Damono
    9. Lika Liku Luka by Celine Reyssa
    10. Indiana Chronicle 3 seri
    11. Ayat ayat Wanita by Fathi Fawzi
    12. A Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini
    13. Harlequin seri nocturne (Deadly redemption, Dark Seduction, Dangerous Temptation)
    14. Buku Jarimath by Vivin purwandini
    15. Norwegian Wood by Haruki Murakami

    BalasHapus
  11. Aku pun demikian meski di awal pusing setengah mati dengan surat-surat itu. :-))

    BalasHapus
  12. sudaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
    aku sampai nangis ve hehehehe

    BalasHapus
  13. Kalau kita sempat bertemu, mari menonton filmnya.

    BalasHapus
  14. kite runner kemaren diputer di festival pembaca, Ave..
    masih ada 19hari lg kan ya? Aku msh kurang 15buku lagiiii..
    *ngelirik rak goodreads*
    *ngubrak-abrik komik*

    BalasHapus
  15. ckckckck...banyak banget....

    saya malah gak ada 1/4nya :)

    BalasHapus
  16. baru mau diitung nih :))

    tapi gak bisa memilah seperti jurnal ini, ...:)

    BalasHapus
  17. Kalau berdasarkan reading challenge, saya masih 18 buku lagi. *gubraks*

    BalasHapus
  18. Tuntutan pekerjaan dan masa depan. Tsah!

    BalasHapus
  19. Perlahan saja, Mbak. Masih 19 hari lagi menuju 2012.

    BalasHapus
  20. ahahahaha... bersemangaaaat
    bersemangat baca komik, maksudnya
    hihihi

    BalasHapus
  21. Cepat dan mikirnya pun tak lama. Hahaha...

    BalasHapus
  22. duh aku paling males bikin daftar bacaan, karena memang tak punya jadwal baca.
    kalau baca laporan apakah termasuk di daftar bacaan? hahaha

    BalasHapus
  23. Buatku sih yang masuk daftar bacaan hanya buku, kalau majalah, koran, dan sejenisnya lain soal. Hahaha...

    BalasHapus