Sabtu, 25 April 2009

Lomba Menulis Hari Bumi - Wikimu

Start:     Apr 25, '09
End:     May 13, '09
Dalam rangka Hari Bumi, 22 April, Wikimu.com mengadakan lomba menulis artikel, dengan topik : “Budaya Menggunakan Transportasi Massal”

Transportasi massal adalah seperti bis umum, busway (di Jakarta, Jogja, Bogor, mana lagi ya?), kereta api/listrik (KRL di Jakarta, Pramex di Solo-Jogja-Kutoarjo, dll) atau pun kapal/perahu umum (di Kalimantan/Papua banyak menggunakan transportasi ini).

Transportasi massal lebih ramah lingkungan, karena bahan bakar (solar, bensin) yang ditanggung bersama-sama oleh banyak orang. Bandingkan saja, bila satu busway di Jakarta dapat menampung 85 orang dengan satu mobil sedan yang berpenumpang 1-2 orang. Atau perahu umum yang bisa muati 30-50 orang ,dengan speedboat yang hanya berisi 5 orang.

Namun perjalanan menggunakan transportasi massal, memiliki gaya dan budaya yang berbeda. Kalau naik mobil sendiri, mungkin bisa jumpalitan (=berlompatan) ke sana kemari. Tentu tingkah yang sama tidak bisa dilakukan di atas bis, kecuali orangnya nekat :-)

Lomba ini mengajak teman-teman Wikimu.com untuk menuliskan pengalaman, opini, ide, usulan maupun masukan bagaimana sih budaya dalam menggunakan atau mengendarai kendaraan-kendaraan umum.

Ketentuan :

1. Periode pengiriman warta 22 April – 13 Mei 2009.

2. Setiap penulis boleh mengirimkan warta sebanyak-banyaknya

3. Warta yang dinilai hanya penulis yang login member ketika mengirim warta tersebut.

4. Tulis di bagian tag/label untuk mengikuti lomba ini : wikimu hari bumi

5. Warta boleh disertai foto ataupun tidak.

6. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 20 Mei 2009

Penilaian :

1. Penilaian warta terbaik, dilakukan oleh dewan juri , yang terdiri dari para pihak pendukung lomba ini.

2. Akan dipilih 1 pemenang utama dan 2 pemenang pendamping.

3. Warta akan dinilai berdasarkan kelengkapan informasi, ide/pengalaman yang menarik, serta daya ajakan/persuasif pada pembaca.

Hadiah

1. Ketiga pemenang akan mendapat (sertifikat) masing-masing bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Gunung Gede Pangrango

(program Hutan Sahabat Green : http://www.greenradio.fm/index.php?option=com_wrapper&view=wrapper&Itemid=268 )

2. Ketiga pemenang masing-masing akan mendapat satu kaos Wikimu.com.

3. Pemenang utama, akan sebuah buku “Alam Jakarta: Panduan Keanekaragaman Hayati yang Tersisa di Jakarta’” karangan Ady Kristanto

(lihat : http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=11434 )

Ayo tuliskan pengalaman, ide, masukanmu seputar transportasi massal!





*kegiatan ini dilakukan oleh Wikimu.com dengan didukung JakartaGreenMonster, Green Radio dan ITDP (Institute for Transportation and Development Policy).

Source Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar