Selasa, 07 Juni 2011

Kepadamu, Pahlawanku

Start:     Jun 7, '11
End:     Jul 10, '11
Suara di Surabaya

: Bung Tomo


Kudengar, ada suara yang berteriak di radio dengan jiwanya yang menantang dan suara yang membakar amarah kepada penjajah. Pemuda pun harus berani melawan senjata, melawan desing peluru. Aku pun bergegas sepertimu, Bung Tomo. Suara di Surabaya yang membakar semangat pejuang-pejuang, entah siapa saja mereka. Sekali serang tetap serang!


Tapi tanpa suara itu, dunia di sini bukanlah apa-apa. Toh, pejuang akan loyo bila tak ada yang menyemangati. Kemudian kami berlari, menerjang senjata-senjata. Meremukkan tulang yang dikenal kokoh bak baja. Ternyata bambu runcing lebih menyakitkan daripada pistol. Dan suara di Surabaya membuat kami bangun dari tidur.


Bukan begitu, Bung?


Seratus kata untuk pahlawan kita! Mari bermain dengan keterbatasan kata dan eksplorasi dirimu dengan luas.


Kepadamu, Pahlawanku!



Mari berpartisipasi. Lihat caranya di sini.


Dengan berkontribusi dalam proyek ini, kamu sudah menaruh aset sastra di Pusat Dokumentasi H. B. Jassin karena seluruh royalti penulis dari hasil penjualanan buku ini akan diberikan kepada Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin. Selain itu, kamu juga masuk ke dalam bagian Sastra Indonesia.


Selamat bermain dalam seratus kata!



==========================================================

Bagaimana bergabung di dalam proyek ini?


1.       Tentukan apa yang ingin kamu tulis. Boleh puisi, cerpen, prosa, dan esai. Tema yang diangkat adalah “Kepadamu, Pahlawanku”.


2.       Download template dari nulisbuku.com di sini dan mulailah menulis. Times New Roman 12pts, spasi 1. Batas yang ditentukan adalah 100 kata (tidak termasuk judul). Jangan lupa juga tuliskan siapa pahlawan yang kamu tujukan tersebut. Pahlawan bebas, boleh orang tua, kakak, teman, pacar, pahlawan nasional, atau tokoh dunia.



Kalau kamu tidak bisa mendownload-nya, sila kirim email ke untuk.sastra.indonesia@gmail.com dan akan kami kirimkan untuk kamu.


3.       Kirim karya kamu ke untuk.sastra.indonesia@gmail.com paling lambat hari Minggu, 10 Juli 2011, pukul 23.59. Subjeknya: Pahlawan-judul naskahmu-nama kamu. Contoh: “Pahlawan-Untuk Ganesha Indonesia-Rita Lestari”. Semua naskah harus di-attachment. Sertakan juga nama kamu, e-mail, blog dan akun Twitter dan Facebook-mu.


4.       Ajak teman-temanmu juga untuk berpartisipasi dalam proyek ini!


5.       Naskah yang masuk akan di-update perminggunya di blog ini. Oh ya, kalau kamu juga ingin membuatkan desain kaver, silakan kontak kami di untuk.sastra.indonesia@gmail.com dengan subjek “Cover”. Kami akan membalas suratmu secepatnya!



6.       Semua naskah yang masuk akan dibukukan setelah diseleksi sesuai tema dan persyaratan serta akan diedit dahulu.


7.       Satu orang hanya diperkenankan mengirimkan paling banyak dua naskah. Bila lebih, yang ketiga dan seterusnya dianggap gugur.


Nah, tunggu apa lagi! Buka Word-mu, menulislah! Senantiasa kami tunggu tulisanmu!

15 komentar:

  1. kalo ngirim komen dimuat g ya ve
    xixixixi

    BalasHapus
  2. Ketika aku bertugas di Pusat Kesehatan Mahasiswa UI, aku sempat kedatangan Bung Tomo yang dengan rendah hati bahwa dia adalah Sutomo.

    BalasHapus
  3. insya allah mencoba menulis *ga yakin ama kualitas tulisan sendiri* (_ _")

    BalasHapus
  4. Wah sudah punya proyek lagi euy. Hebat dah kau Ve.

    BalasHapus
  5. *mengais inspirasi*

    eh, yang bener mengais atau mengkais, ya?
    #garuk2 kepala

    BalasHapus
  6. Mengais, Mbak. 'K' luluh kalau bertemu dengan imbuhan 'me-'. :-)

    BalasHapus
  7. Pahlawan bertopeng boleh gaak?

    BalasHapus