Kamis, 05 Maret 2009

30 Mei 2009

Mungkin adalah sebuah tujuanmu untuk bergegas ke dunia sana. Dan saya pun tahu mengenai itu semua. Kamu boleh menyapa dirimu sepanjang harimu yang tersisa di dunia sini. Namun ketika kamu tak lagi di sini, aku selalu yakin kamu akan menemukan tempatmu yang lebih membahagiakan. Tapi tak sebahagia di sini.

Ya, saya akan mengantar teman saya ke belahan dunia lain. 30 Mei 2009. Dia akan menemukan tempat lainnya. Berjumpa dengan kedua orang tuanya yang menantinya di sana. Mungkin dia yang akan berbahagia di sana. Namun saya selalu mengatakan dengan ejekan untuknya. "Suatu hari nanti, dirimu bakal mencariku lagi yang ada di sini."

Saya tak mengerti mengapa di dunia ini harus ada yang namanya perpisahan. Dan perpisahanlah yang selalu menjadi cikal bakal seseorang untuk berduka. Untuk apa ada pertemuan ketika semua harus dipisahkan dengan perpisahan? Bukankah semua itu menjadi sebuah kesia-siaan dengan apa yang kita isap sari-sarinya?

"Hei... lo bakal ke Amrik (Amerika Serikat), kan?" tanyaku suatu hari ketika sedang sibuk mengerjakan majalah dinding.
"Sialan! Tahu dari mana lo?"
"Evander bilang sewaktu SMS lo sampai ke Vini."
"Sialan! Ember banget si Evander."

Saya langsung tertawa. Namun saya langsung bertanya - tanya untuk apa kamu menyimpan semua rahasiamu mengenai kepergianmu? Untuk apa? Toh, pada akhirnya semua orang juga akan tahu kamu akan berlari dari dunia ini dan ke dunia sana.

Sanjaya Pratama
. Saya menuliskan ini untukmu dengan penuh rasa persahabatan sebelum kamu berangkat ke Amerika. Berjumpa dengan keluargamu di bumi yang baru. Menjumpai nuansa baru. Menjumpai segalanya yang baru. Termasuk teman - teman yang baru. Termasuk guru - guru yang baru. Termasuk apapun yang baru. Adanya yang tak ada di dunia ini akan kau temui di duniamu yang baru.

Mungkin ketika kamu membaca tulisanku ini, kamu akan tertawa. Untuk apa aku menuliskan kepergianmu? Sebelum tawa itu menjadi tangis perpisahan, ada kala baiknya kita menerima kehilangan dulu sebelum kehilangan yang nyata datang kepada kita sehingga semua yang kita jalani sebelumnya akan menjadi keringanan di masa mendatang.

Untuk suaramu yang belum mengadahkan kehilangan, memang terlalu dini untuk menuliskan semua ini. Masih dua bulan lagi kamu berangkat. Ya, aku tahu semua itu. Tapi tidakkah kamu tahu bahwa menyembuhkan luka kepergianmu lebih dini semakin baik dibanding ketika kamu mengucapkan "selamat tinggal" semenit sebelum keberangkatanmu? Itu menyakitkan!

Saat ini kamu boleh tertawa. Tertawa bahwa dunia yang sampai saat ini kita pijaki (dan yang akan kamu tinggalkan) adalah sebuah dunia yang penuh humor. Humor yang sama sekali tak bisa dilogikakan. Banyak yang miskin. Banyak yang kaya. Banyak yang tampan. Banyak yang jelek. Apapun ada di dunia yang ini.

Dan dua bulan kemudian, ketika kamu menginjakkan kaki di duniamu yang baru, menghirup oksigen di dunia yang baru, tak akan ada yang benar - benar sama seperti di dunia ini.

Setidaknya kita pernah bertemu. Berjabat tangan. Bertegur sapa. Bertatap muka. Berdiskusi. Bercanda. Lalu melambaikan tangan melambangkan perpisahan.

Sebelum kamu bertanya untuk apa saya menuliskan semua ini, ada baiknya saya menjawab dulu sebelum pertanyaan diluncurkan. Saya menulis ini sebagai rasa pertemanan saya. Rasa persahabatan saya denganmu, dengan teman - teman di kelas saya yang baru. Saya menemukan sesuatu yang baru di tahun yang baru. Saya menemukan sukacita yang baru di tahun yang baru. Saya menemukan dukacita yang baru di tahun yang baru.

Setidaknya tulisan ini menjadi pengingat saya bahwa saya pernah menemui orang yang mau berteman dengan saya. Menjadikan sebuah benih pertemanan menjadi pohon persahabatan. Dan pada akhirnya kita jua yang akan memetik buah hasil panen pohon itu. Kita juga yang akan mencicipi rasa buahnya. Entah manis atau asam.

Tulisan ini dibentuk dengan jutaan rasa yang tak bisa saya katakan. Semua yang telah kita lakoni dan apresiasikan pada bumi ini akan berbaur menjadi satu, kenangan. Simpan semua tawa, canda, ejek, iseng, marah, egois, dan semuanya yang pernah bumi ini tahu dan disaksikannya.

Sekarang silahkan kamu tertawa sepuasmu, namun ketika kamu berada di belahan dunia yang baru, kamu akan memetik hasilnya.

Nah, Sanjaya, aku sebagai temanmu mengucapkan selamat jalan. Mengucapkan terima kasih untuk semua kebaikan yang pernah kamu berikan. Juga aku mengucapkan kata maaf ketika aku khilaf untuk berbuat sesuatu yang tak seharusnya menurutmu.

Selamat datang di duniamu yang baru! Selamat mengenang bumimu yang ini dari kejauhan sana!

Kita akan berjumpa lagi di mana dan kapan, aku tak pernah tahu.



A.A. - dalam sebuah inisial
Jumat, 6 Maret 2009

53 komentar:

  1. foto kamu mana, av?
    sepertinya tak ada.
    *yang duduk, nomer dua dari kiri...paling bening
    :)

    BalasHapus
  2. itulah bagian dari misteri illahi yang membuat kehidupan tetap mengasyikkan untuk dinikmati.

    BalasHapus
  3. Wakakakak... bening sebening cahaya.
    Sebenarnya kita semua sudah mulai hitam legam karena kepulangan dari camping kemarin
    Hahaha..

    Foto saya? Cari aja, Mas... Pasti ada di bagian bawah dekat rumput :-))

    BalasHapus
  4. Dan itulah humornya Tuhan mengenai pertemuan VS perpisahan.

    BalasHapus
  5. nomer 3 dr kiri atau nomer 2 dr kanan?
    :)

    BalasHapus
  6. Hahaha... masih salah, Mas.
    Yang jelas saya berdiri

    BalasHapus
  7. indahnya persahabatan yang tetap melampaui ruang dan waktu...

    BalasHapus
  8. lhoo...katanya tadi deket2 rumputtt...makanya kirain duduk

    BalasHapus
  9. Iya, Frater Marcell...
    Persahabatan tak pernah bisa dijual walaupun hanpir semuanya bisa dibeli

    BalasHapus
  10. Tapi kan kaki saya dekat rumput :-))
    Hayooo!!! Yang mana diriku? Hahaha...

    BalasHapus
  11. sudah tahu dr tadi...
    hanya (sedang) ingin menggoda saja:)

    BalasHapus
  12. sebelahmu bening juga, siapa namanya?
    :)

    BalasHapus
  13. Hahaha... aku sudah tahu juga, Mas...
    Aku kan sudah sering menampakkan wajah di sini

    BalasHapus
  14. Lha? Kok ini jadi bahas bening-bening?
    Hahaha...

    BalasHapus
  15. lha, terus...pengin bahas apa, coba?
    Kenangan?
    genangan silam yang terjebak di palung waktu.
    di bening telaga, silakan berkaca..

    Lho, kok bening lagii???

    BalasHapus
  16. Bening = transparant = putih = mengkilau

    Hahaha...

    BalasHapus
  17. he..he.he..
    di jaman digital seperti ini, rasanya tidak perlu terlalu bersedih lah...
    mengapa tidak menggunakan fasilitas media internet aja untuk tetap berkomunikasi...

    BalasHapus
  18. Benar, Mas Utara
    Semua sekarang mulai mengglobal, tetapi kalau tatap muka yang tak mengglobal itu lebih menyenangkan pastinya.
    Bukan begitu, Mas?

    BalasHapus
  19. he..he..he...
    ya, ketika cinta itu telah tumbuh di hati, jangan terpisah luasnya samudra, terpisah beberapa meter aja rasanya, gimana gitu :D

    BalasHapus
  20. kaya lagu av..."aku hanya pergi tuk sementara, bukan untuk pergi selamanya"

    BalasHapus
  21. Hahaha... ini bukan soal cinta, Mas Utara :-))

    BalasHapus
  22. Itu lagunya Ello kan?
    Tapi liriknya kayaknya salah deh

    BalasHapus
  23. widiiiiih... ada fotonya
    ganti foto

    BalasHapus
  24. heh? jaya?
    tulisan buat sanjaya
    duk duk duk... kenapa ini?

    BalasHapus
  25. Foto apa sih? Headshot? Hahaha...
    Menampakkan wajah sesekali :-)

    BalasHapus
  26. Tulisan yang akan berubah menjadi kenangan

    BalasHapus
  27. lucuuuuuuuuuuuuuuuuu
    hahaha wkwkwkwk
    lucuuuuuuuuu lo av
    kalo si jaya yang baca pasti nulis gini
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  28. Quotes of the day:
    "Lucuuuuuuuu, lo, Av!!! Lucuuuuuuuuuuuuuuuu...." - Sanjaya Pratama
    Hahaha...

    BalasHapus
  29. ngga tau lagunya, asal nulis..itu juga nanya ma meja sebelah hehehehe

    BalasHapus
  30. Nanya sama meja, pantesan salah
    Tanya sama tetangga dong ah, Kang!

    BalasHapus
  31. Itu wajib! Tak ada yang bisa membatasinya

    BalasHapus
  32. samapi kapanpun media internet tak kan mampu menggantikan seorang sahabat yang hadir dalam ujud realita..

    BalasHapus
  33. setiap perjalan selalu ada pemberhentian... begitu juga setiap ada pertemuan selalu ada perpisahan

    BalasHapus
  34. Om Roeb pun tahu akan hal itu. Nyata tak akan pernah sama dengan maya, bukan, Om Roeb?

    BalasHapus
  35. Tinggal bagaimana kita menerima realita itu, baik pemberhentian ataupun perpisahan...

    BalasHapus
  36. Biarkan aku membacanya sejenak saja :)

    BalasHapus
  37. Ga pernah dibaca...
    Woooooooooow... HS baru! Zoom!!!

    BalasHapus
  38. *puterin lagu Kapan-kapannya Koesplus...

    BalasHapus
  39. Kapan-kapan kita berjumpa lagi
    Mungkin lusa... atau di lain hari

    =))

    BalasHapus
  40. tempat baru menawarkan nafas baru untuk jiwa kita...

    BalasHapus
  41. Tenang Ave
    dia akan kembali kok suatu saat nanti
    Jangan sedih yak :)

    BalasHapus
  42. Tak sedih untuk perjuangan dia... :-)

    BalasHapus
  43. ahaha... siapa tuh yang tadi didatengin jaya?

    BalasHapus