Minggu, 07 Desember 2008

Ketika Daun Bercerita

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Romance
Author:Maradilla Syachridar
Ketika keluar dari Gramedia, sebuah buku berkaver dua helai daun telah masuk ke dalam plastik. Buku ini bukan dan tidak pernah menjadi target pembelian pada bulan Agustus. Maklum pada bulan Agustus tidak ada referensi baru dari Goodreads

Lepas dari itu, apa yang membuatnya menarik adalah kover depannya, dua helai daun yang mempesona. Harus saya akui, Fachreza Astnam Mubarak (sang penata letak dan desain) berhasil menyeret saya untuk masuk ke dalam Ketika Daun Bercerita.

Dihasilkan dari sebuah lamunan sehingga novel ini berada. Baiklah, mulai saja gambaran ceritanya. Baba dan Kimi adalah dua batang pohon yang hidup bersama di sebuah lapangan. Mungkin bisa dikatakan mereka adalah saksi bisu apa yang terjadi di lapangan tersebut. Lika - liku percintaan seorang pramuwisma dengan jurangan, permainan kecil anak balita, dan permainan bola anak laki-laki menjadi pandangan Baba dan Kimi setiap harinya.

Sampai peristiwa demi peristiwa yang memisahkan Baba dan Kimi karena sebuah kecemburuan hebat sepasang kekasih dan ada apa hubungan Mondri dan Mira yang adalah sama.

Maradilla berhasil dalam mengaduk alur di berbagai kisah sehingga sanggup membuat saya penasaran (dan bingung). Tetapi sebuah kesalahan dibuatnya sehingga pada bagian tengah saya menjadi sadar bahwa Mondri dan Mira adlaah seorang yang sama.

Uniknya adlaah Maradilla berhasil memikat sebuah novel percintaan dicampur dengan "say no to global warming". Sebuah tema yang perdana yang saya baca. Untuk itu saya berani mengacungkan jari kesalutan untuk karya ini.
Terlalu jauh, saya pikir untuk berimajinasi tentang sebuah karay ini. Bagaimana dua batang pohon saling berinteraksi bisu dengan manusia, tetpi penutupnya yang mengganggu. Ketika Mira bisa bicara dengan Baba, ekspetasi terlalu jauh bahwa seorang yang indigo memang mempunyai dunia sendiri, tetapi tidak untuk berbicara pada pohon sebagai penutupnya. (Sesungguhnya agak kecewa dengan hal ini...)

Dan satu lagi kekecewaan saya terhadap novel ini, isinya telah mengkhianati dan membohongi saya sebagai pembaca. Katanya daun yang bercerita, tetapi sepanjang perjalanan cerita ini, saya hanya menemukan pohon bukan daun yang bercerita.

Untuk isinya yang menarik serta pengadukan alurnya yang (agak) rapi, saya akan memberikan penilaian baik untuk novel ini. Juga pesannya yang sampai dengan sempurna. Tetapi untuk beberapa kelemahan (dan kebohongan), saya menhadi enggan untuk memberikan penilaian yang paling baik.

Baiklah, ini adalah apresiasi saya untuk karya perdana anda, Sdri. Maradilla Syachridar. Apresiasi yang baik yang jarang saya berikan pada karya perdana seseorang.



Aveline Agrippina Tando

23 komentar:

  1. aku ingat puisiku yang berjudul daun pas SMP, daun yang bercerita..menjadi saksi bisu sebuah roman cinta..

    BalasHapus
  2. jahaaattt gua di bilang gak baca review ini

    BalasHapus
  3. Kapan bilangnya?
    Heuheuheheu... pizzz ah!

    BalasHapus
  4. kok kambingnya bisa nulis..ha.ha.ha. kena lo

    BalasHapus
  5. untuk reviewnya
    kyanya buku bagus dan layak baca nih..
    tfs ya nona...

    BalasHapus
  6. Heuehuehuee... buruan cari di gudang

    BalasHapus
  7. Untuk lengkapnya bisa dilihat di SINI
    Sama-sama Tante Cici...

    BalasHapus
  8. ternyata daun pun punya bahasa :D

    hmmm...

    BalasHapus
  9. Bukan... Pohon yang bicara...
    Sudah ditulis kok di reviewnya tentang sebuah pengkhianatan

    BalasHapus
  10. aku baru bangun..mau lihat daunnya lagi ahh..minjem bukunya boleh gak ya?

    BalasHapus
  11. aku baru bangun..mau lihat daunnya lagi ahh..minjem bukunya boleh gak ya?

    BalasHapus
  12. Pagi Av.........
    Kita klasikal Mat dan BI lho!
    jadi jangan baca novel terus ya...

    BalasHapus
  13. Iya lho!!! Gue jadi ga bisa ke Mangga Dua lebih cepat....

    BalasHapus
  14. Tolong bantu saya dong
    Untuk mencari

    Tema novel ketika daun bercerita?
    Penokohan ?
    Setting?
    Alur?
    Nilai yang terkandung?
    Sudut pandang?
    Kelebihan?
    Kekurangan?
    Amanat?
    Kesimpulan?

    BalasHapus
  15. Tolong bantu saya dong
    Untuk mencari

    Tema novel ketika daun bercerita?
    Penokohan ?
    Setting?
    Alur?
    Nilai yang terkandung?
    Sudut pandang?
    Kelebihan?
    Kekurangan?
    Amanat?
    Kesimpulan?

    BalasHapus