Kamis, 15 April 2010

KumKum: Kumpul Yuk Kumpul!

Start:     Apr 17, '10 10:00a
End:     Apr 18, '10 3:00p
Location:     Museum Mandiri lt. Dasar Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Kota (seberang stasiun Beos dan halte transjakarta Kota)
Sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh satu-dua komunitas adalah hal yang biasa. Sebuah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas yang sejenis juga hal yang lumrah. Sebuah acara kampanye lingkungan yang diusung oleh beberapa komunitas berlabel ‘hijau’ pun merupakan hal yang sangat biasa.

Lalu apa bedanya KumKum dengan acara-acara komunitas lainnya?

* Acara yang lintas komunitas

KumKum berupaya mempertemukan banyak komunitas dengan berbagai latar belakang, seperti komunitas astronomi, komik, literasi, film, musik, hobi, IT, pecinta lingkungan, dsb. Tujuannya untuk menghilangkan sekat antar komunitas, sehingga komunitas-komunitas tersebut dapat saling berbagi ide, keahlian & inspirasi, yang nantinya dapat diterapkan di komunitasnya masing-masing. Harapannya, setelah KumKum terbuka lebar kemungkinan kolaborasi antar komunitas untuk menciptakan sebuah perubahan yang berarti di kota.

* Diselenggarakan secara kolaboratif, tanpa bantuan dana sponsor

Hal ini mungkin terdengar “gakmungkin.com“, menyelenggarakan sebuah acara yang edukatif & meriah tanpa bantuan pendanaan dari pihak sponsor. Tapi tiadanya bantuan sponsor, menjadi peluang bagi komunitas-komunitas untuk bergotong royong menyelenggarakan KumKum. Dengan begitu, sejak tahap penyelenggaraan, sudah terjadi interaksi & kolaborasi antar komunitas lintas ‘genre’.

* Upaya ramah lingkungan dalam bentuk konkret

KumKum sejak awal tidak ingin terjebak dalam euphoria kampanye ‘go green’. Walau diselenggarakan berdekatan dengan hari bumi, KumKum tidak menggunakan jargon ‘go green’ dalam penamaan kegiatannya. Di KumKum ini, sejak awal akan berangkat menuju lokasi KumKum, pengunjung diajak untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan. Untuk tahu perilaku yang seperti apa yang akan konkret dilakukan pengunjung di KumKum, bisa lihat infonya di sana dan di sini.

* Acara yang ramah anak & ramah ibu

Tiap pengunjung dapat membawa serta anak atau keponakannya ke KumKum. Selain karena ada banyak acara yang ditujukan untuk anak-anak, Museum Bank Mandiri, tempat KumKum diselenggarakan, menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak. Penyelenggara KumKum juga sudah menyediakan sebuah ruang khusus bagi ibu-ibu yang ingin menyusui atau mengganti popok bayinya.

Sesuai Perda No.2/ 2005 & Pergub 75/ 2005, kawasan museum merupakan kawasan bebas rokok. Jadi selama di KumKum, ibu hamil, ibu menyusui & anak-anak bebas daro asap rokok.

* Mengusung lokalitas

Acara panggung hiburan & bazar produk/ makanan merupakan hal yang umumnya menjadi bagian dari rangkaian acara publik. Penyelenggara berupaya sebisa mungkin memilih kelompok-kelompok kesenian yang mempunyai misi mengusung budaya lokal. Diharapkan para pengisi acara dapat menularkan inspirasinya ke para pengunjung untuk ikut mengembangkan budaya nusantara.

Di tengah gencarnya produk & makanan impor yang merebut pasar lokal, KumKum sejak awal diniatkan untuk mengembalikan kebutuhan pengunjung akan produk & makanan lokal, yang diantaranya sudah dilupakan atau nyaris langka. Bisa dilihat di sini, beberapa kriteria khusus bagi pengisi stand bazar di KumKum, agar lokalitas terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar