Sabtu, 10 April 2010

Andai Aku Tak Dapat Membaca

Andai aku tak dapat membaca
akankah aku melihat dunia dengan lebih nyata?
Sedangkan kita harus mengeja semua aksara
untuk mengartikan hidup ini hendak apa

Andaikan aku tak dapat membaca
akankah aku mengerti kata dari rasa yang ada?
Sedangkan kita harus menerima makna
dari huruf yang tersusun

Andaikan aku tak bisa membaca
akankah saat ini aku berbicara?
Sedangkan bertutur butuh waktu
demi tahu apa kebutuhan saat ini

Aku tak tahu akan menjadi apa kalau dulu, sekarang, dan masa depan aku tidak bisa membaca

GagasMedia, 10 April 2010
AA - dalam sebuah inisial tengah rapat

31 komentar:

  1. wah rapatnya ngebosenin po mbk kok disambi ngempi.....tapi puisinya kontemplatif banget...^^

    BalasHapus
  2. andai aku tak bs membaca aku tak bisa ngempi Ve :p

    BalasHapus
  3. andai itu terjadi.....pasti kamu di sebut si bisu...

    dan bersyukurlah nyatanya kamu bukan si bisu...

    met sore av,...:))))))

    BalasHapus
  4. Kalo anda kagak bisa membaca, apa kata dunia ya?

    BalasHapus
  5. ciamik, salam buat yang mbuat puisi ini mbak

    BalasHapus
  6. bersyukur bisa membaca, jadi bisa tau dan mengerti keadaan dari membaca ya ave

    BalasHapus
  7. tulisan yang sangat bagus, bravo..............

    BalasHapus
  8. andai aq tak bisa membaca ... aq tak tau apa yg kau tuliskan di Blog'mu ini...

    BalasHapus
  9. Bukannya ngebosenin, tapi memang saya sering diam-diam menulis. Hahaha...

    BalasHapus
  10. Hahaha... Boro-boro NgeMP, Sign up aja ndak bisa

    BalasHapus
  11. Yap, karena saya bisa membaca hahaha...
    Selamat pagi Mbak Re :-)

    BalasHapus
  12. Ucapan terima kasih dari penulisnya, Mbak

    BalasHapus
  13. Seandainya kalau aku tidak bisa membaca?

    BalasHapus
  14. Dan tentu saja ku tak bisa membalas komen ini :-))

    BalasHapus
  15. yoo mari lestarikan budaya membaca..



    SABUDI (sastra budaya indonesia)
    mari kita jaga bersama!

    BalasHapus
  16. alhamdulillah, aku bisa membaca dan ada pula tulisan yang bisa kubaca.. ada guru yang mengajari..

    BalasHapus
  17. Bahasa dan tulisan itu sesuatu yang enggak bisa dipisahkan.

    Keduanya saling melengkapi.

    Ya, seperti Adam dan Hawa.

    BalasHapus
  18. Tepatnya, penulis dan pembaca adalah hal yang berkesinambungan

    BalasHapus