Rabu, 24 September 2008

"Veni, Vidi, Vici" ATAU "Vini, Vidi, Vici"?

Veni, vidi, vici adalah kalimat Bahasa Latin yang terkenal, berasal dari Julius Caesar, jenderal dan konsul Romawi pada tahun 47 SM. Julius Caesar menggunakan kalimat ini dalam pesannya kepada senat Romawi menggambarkan kemenangannya atas Pharnaces II dari Pontus dalam pertempuran Zela. Kalimat yang berarti Saya datang, saya melihat, saya menang/menaklukkan mengandung arti kemenangan mudah dan mutlak.

Kalimat ini sering salah kaprah ditulis sebagai Vini, Vidi, Vici.



-Copas dari Bang Wiki pada halaman ini

Dan sampe sekarang, saya masih bingung "Vini" apa "Veni"

20 komentar:

  1. Dah tau kan yang mana yang bener?

    -Saya juga baru tahu kok-

    BalasHapus
  2. sampai lari ke tante wiki hwhwhw...

    BalasHapus
  3. Jadi Veni ya?
    Mirip sih, jd bikin binun...

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata Veni? Tapi kalo Veni rimanya ngga asik---

    BalasHapus
  5. Lagi jalan - jalan, eh ketemu sama Tante Veni yang lagi berbincang dengan Ibu Vidi dan suaminya, Pak Vici...

    BalasHapus
  6. Artinya guru di sekolah salah mengajar...
    Mereka masih menggunakan Vini daripada Veni...
    Hehehehe...

    BalasHapus
  7. Iya sih... jadi ga srek gitu kata-katanya...

    BalasHapus
  8. Oh... saya juga masih bingung... Kok bisa Veni, kan cantikkan Vini...

    BalasHapus
  9. Rasanya salah tuh yang pake "Ve".
    Aku bukan akhli bahasa. Tapi dengan common sense "vi" bisa diartikan sebagai "saya".
    Iya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar "Veni" bro, "Veni" dalam bahasa Romania adalah "Datang". kalo "Vini" itu kalo bahasa Itali artinya "Anggur".

      Hapus
  10. Saya juga masih bingung sampai sekarang. Belum ada kabar yang benar dari Wikipedia sampai sekarang...

    BalasHapus
  11. Dan sampe sekarang, saya masih bingung "Vini" apa "Veni"

    waah aku baru tahu Ave. tapi mungkin yg benar 'Veni'. makasih infonya ^_^

    BalasHapus
  12. Sama - sama, dan selamat bingung...
    hehehehe...

    BalasHapus
  13. oh gitu toh ternyata....

    sip sip
    tfs yo

    BalasHapus