Jumat, 24 Juli 2009

Tuhanpun Pandai Berhumor

Saya tak mengerti ternyata Tuhan yang memiliki jarak begitu jauh dengan saya ternyata memiliki rasa humor yang tinggi. Bahkan, saya saja bingung darimana Tuhan mendapatkan ilmu-ilmu humoris yang surga tak pernah merintisnya. Pada zaman Isa lahir, humor pun rasanya belum dikenal jauh.

Tuhan memang sungguh kreatif. Dari dua ilmu yang Tuhan miliki yaitu kelahiran dan kematian, Tuhan bisa menciptakan berbagai macam pola humoristik. Naumun Tuhan lebih cenderung kreatif pada pola kematian.

Kadang kematian bagai film misteri, tetapi juga bisa menjadi film komedi.

Bisa saja ketika seseorang baru pulang atau hendak melayat karibnya yang meninggal, dia juga meninggal.

Atau ketika seseorang sedang disidang dalam pengadilan, tiba-tiba jatuh dari kursi dan meninggal.

Ketika seseorang yang bernafsu untuk menulis, tiba-tiba meninggal karena terlalu lama memikirkan tulisannya.

Ketika seseorang sedang menggoes sepedanya, tiba-tiba jatuh dan meninggal.

Ketika seseorang setelah makan sepuasnya di sebuah restauran, tiba-tiba sesak nafas dan meninggal.

Saat seseorang sedang bercocok tanam, tiba-tiba ular menggigitnya dan meninggal.

Ketika seseorang sedang menikmati makan siangnya, tiba-tiba tersedak dan meninggal.

Ketika seseorang sedang pergi berlibur dengan selingkuhannya, tiba-tiba dia terkena serangan jantung dan meninggal.

Ketika seseorang sedang menikmati memegang stick golfnya, tiba-tiba dia meninggal karena jatuh tersandung oleh stick golfnya.

Ketika seorang anak pamit kepada ibunya hendak ke sekolah, malah dia harus tertanam di makam sebelah ayahnya.

Ketika seseorang sedang menikmati film komedi, tiba-tiba ditemukan tewas dengan mulut ternganga.

Ketika seseorang sedang bermain gitar dengan kekasihnya, tiba-tiba dia meninggal tanpa sebab.

Ketika seseorang sedang dikejar untuk ke kamar kecil, tiba-tiba ditemukan tewas di depan kamar kecil.

Ada seorang anak sedang bergembira bermain di mall, tiba-tiba ditemukan tewas terjatuh dari lantai tiga.

Memang ada hal - hal yang lucu semacam itu, tetapi saya tidak tahu apakah saya harus tertawa untuk mengapresiasikan humor dari Tuhan atau bagaimana caranya untuk menertawakan humor Tuhan tersebut. Tuhan punya cara sendiri membentuk humornya, tetapi saya -yang bukan Tuhan- tidak mengerti bahwa Tuhan sedang berhumor. Bahkan karib saya terpaksa menangis ketika humor itu Tuhan berikan kepadanya.

Sampai saya menuliskan ini, saya tahu Tuhan pandai berhumor, tetapi saya tidak tahu bagaimana cara menterjemahkannya





Jakarta, 8 Mei 2009 | 20.18

PS: Awalnya tulisan ini hanya tertulis di Facebook saya, entah mengapa saya lebih ingin tulisan ini berada dalam satu arsip di sini.

50 komentar:

  1. neh org
    nulis pas instrumen wkwkwkwk
    bs2ny dpt ilham kyk gt

    BalasHapus
  2. Yg paling lucu org yg udah berusaha bunuh diri berkali kali, eh nggak mati mati juga...

    BalasHapus
  3. Dan... tak berapa lama kejadian. Hahaha...

    BalasHapus
  4. Hahaha... Memang takdirnya belum datang apa boleh buat :-)

    BalasHapus
  5. baru saja Ol tiba2 meninggal
    ouh...

    :(

    BalasHapus
  6. tuhan emang suka sekali mempercandai kita

    BalasHapus
  7. Tak perlu ngantri tapi jangan nyerobot, Om Damuh... :-))

    BalasHapus
  8. Samapi tanpa sadar kita terpaksa menangis

    BalasHapus
  9. kematian bukan permainan...
    bukan soal antrian, siapa baris paling depan itu yang mati duluan...
    bukan soal siapa yang pengen mati duluan
    bukan soal sedang apa
    bukan soal siapa...
    dimana dan kapan
    itu cuman soal kehendak Tuhan
    soal takdir yang digariskan
    soal bekal apa kita akan jawab pertanyaan dari Tuhan...
    jadi apa betul Tuhan kita sedang bercanda?

    BalasHapus
  10. Wah... Wah... Belakangan? Hahaha...
    Artinya masih boleh main main dulu :P

    BalasHapus
  11. Kurasa ya...
    Nyatanya kita seperti boneka di mata Tuhan. Tuhan berhak mematikan dan menghidupkan manusia sesuka hatiNya. Kapan bosan, kita harus bermain dengan air mata. Ketika Tuhan masih ingin bermain, Dia membiarkan kita mengekspresikan diri. Seperti teater boneka.

    BalasHapus
  12. Huahahaha... Dodol!!!
    Kok bisa ya kejepit sampai ke leher? Hahaha...

    BalasHapus
  13. wkwkwkwk
    gw ja ngakak pas baca britanya di yahoo wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Hahaha... Kasih dong link-nya
    Biar ngakak bebarengan :P

    BalasHapus
  15. pgn tau link-nya dong...beneran tuh kejepit lehernya?

    BalasHapus
  16. Saya juga :-))
    Hahaha... penasaran abis

    BalasHapus
  17. cb u cr d gugel
    ktny uratny kjpit di leher mkny tewas
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  18. Hahaha... Itu mah saraf kejepit dodol!!!
    Maksud gue, lehernya kejepit gitu di pintu. Hahaha...
    Yang gue tahu sih, anaknya Mike Tyson yang meninggalnya kejepit di tali treadmill

    BalasHapus
  19. u g tdr y av semlman
    coz gw sms jm 12 msh dbls

    BalasHapus
  20. wkwkwkwkwk
    iy tuuuh
    anakny mke tyson yg sadis bgt
    kq bs yak?

    BalasHapus
  21. Tidur bentar doang... Hahaha...
    Insomnia euy!

    BalasHapus
  22. Hahaha... Coba langsung tanya saja sama yang buat treadmill
    Saya mana tahu dan tempe :-))

    BalasHapus
  23. Aku tak pernah bermaksud menghibur, Mbak Dewi :-))

    BalasHapus
  24. aveeeeeelinnnnnnnn
    cing gila bc inbox deh
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  25. lagi makan kwaci ... gak lama Koit ...

    BalasHapus
  26. aku punya temen..dia meninggal setelah tertelan gigi palsunya...( its not a joke..! )

    2 hari kemudian beliaupun meninggal setelah sang gigi melukai seluruh saluran tenggorokan dan ususnya..:(

    BalasHapus
  27. ketika seseorang membaca tulisan ini...dia meninggal karena bingung mengapa TUhan bisa bikin humor kayak gini

    BalasHapus
  28. Malah, aku pernah lihat orang berdiri lama sekali di Kota Tua, di tengah jalan. Pas disenggol, eh malah ambruk. Mati berdiri!

    BalasHapus
  29. Duh, jangan sampai!!! Nanti saya tertuduh sebagai pembunuh...

    BalasHapus
  30. yang jelas @ jangan menduakan TUHAN
    meskipun itu pekerjaan sekalipun

    BalasHapus
  31. huaaahahaha sapa yg dibunuh and terbunuh nya coba

    BalasHapus
  32. wadddohhh otak beku neh lama gk merem
    hahahaha

    BalasHapus
  33. Barangkali diantara kita ada yang pernah bilang, "Nggak lucu ah, Han," kalau diguyoni dengan kematian.
    Nice thoughts. Satir lembut yang bikin mikir.
    TFS.

    BalasHapus
  34. Seandainya Tuhan dapat diajak dialog secara langsung...

    BalasHapus
  35. makan'nya di jalan sambil nyebrang... ada mobil ngebut...

    BalasHapus